4/24/2010

I am 'Simson'.

Hello again...
this time will be different. I will use Indonesian to tell you what things happened to me. my friend said it was more simple and I think I agree with her. moreover, Indonesian is my mother language. but do not be sad, I will still use English in some certain parts. ^^. this is about what I realized and got from my quiet time.

Tadi pagi begitu bangun (setelah berjuang keras melawan rasa kantuk dan malas yang bener-bener parah!) aku saat teduh pake Manna Sorgawi. Renungan teduh tadi pagi cukup menarik, mengenai kunci kesuksesan orang Cina yang patut ditiru oleh kita orang Indonesia. Terus iseng-iseng, aku ngelihat bagian PA (read: pendalaman Alkitab), di halaman sebelah renungan saat teduh pagi ini. PA-nya tentang Simson, yang walaupun terpilih sebagai nazir (pelayan) Allah, masih saja melakukan hal-hal yang tidak disukai oleh Tuhan. Salah satunya adalah dengan menikah dengan seorang cewek Filistin (bukan Delila,ya), walaupun hal itu terjadi dengan seizin Tuhan sebagai jalan untuk menghukum orang Filistin(jujur, di sini aku ga begitu ngerti T_T). Padahal papanya, si Manoah, jelas-jelas tidak setuju. Nah, hal-hal yang tidak disukai Tuhan yang dilakuin ama Simson ga cuman sampe situ. Dia juga pernah makan bangkai singa yang ada sedikit madunya karena sempat dikelilingi oleh sekawanan lebah, yang sebelumnya uda dia kalahkan. Lebah-lebahnya sih uda menyingkir, dan saat itu iklimnya juga panas dan kering jadinya bangkainya cepat kering deh. Uda gitu, dia ngasih ke bokap-nyokapnya tapi ga mau ngasih tau ke mereka asal-usul daging itu dari mana. Dari situ, sama Charles F. Pfeiffer disimpulin kalo hal itu sebenarnya merupakan suatu pantangan yang sebenarnya ga boleh dilakuin ama nazir, karena nazir bahkan ga boleh bersentuhan ama bangkai.Ga berhenti sampe di situ, waktu Simson akhirnya ngadain pesta pernikahan ama cewek Filistin, kebanyakan tamu yang diundang itu orang FIlistin dan ada deskripsi ga langsung-- dijelasin ama Manna Sorgawi-nya-- kalau yang namanya pesta tu pasti ada anggur, dan sebenarnya anggur itu hal yang dialarang untuk Simson. kesimpulannya sih, sebagai nazir, Simson tidak memiliki disiplin diri yang baik.
ceritanya sih ga sampai di situ, tapi PA untuk hari Jumat, 23 April 2010, hanya membahas sampai situ doang.
Yah, meskipun cuman sekilas, aku cukup merasa... tertampar.
I am the 'Simson'.
Sebagai seorang pengikut Kristus, yang secara nyata tersurat di namaku, banyak pelanggaran yang secara TENANG & TERANG-TERANGAN kulakukan di hadapan Tuhan...
Pertama, disiplin diriku benar-benar ga baik. Uda berapa banyak dan berapa kali komitmenku dengan Tuhan aku langgar. Aku uda pernah janji untuk rutin saat teduh pagi dan malam. Untuk yang pagi, Puji Tuhan, lancar-lancar aja sih. tapi kalau yang malam, beughh! Sebulan-dua bulan pertama aja yang rajin. setelah itu, kacau. males-malesan! Terus juga komitmen aku untuk puasa Senin-Jumat juga aku langgar HARI INI karena ngerasa sayang nolak traktiran. Konyol kan, karena ga bisa nahan diri, akhirnya ngelanggar komitmen ama Tuhan? Belum lagi banyak hal yang aku janjikan bakal aku kerjakan sampe sekarang tuh belum terealisasikan. Nginget banyak tindak indisiplin yang aku lakuin , aku jadi pengen nangis.
Kedua, yang menurut aku hampir fatal, aku sekarang lagi mengalami yang namanya perasaan suka, dan itu dengan seseorang yang beda keyakinan ama aku. Well, ama dua orang lagi (tp yang satu lagi uda punya pacar ternyata). Hwaaa, aku ga tahu kenapa itu terjadi sama aku. Mungkin emang pertahanan diriku ga kuat kali ya. Jujur, semenjak masuk kuliah, semenjak uda ngelewatin yang namanya PIPA (read : Pendalaman Injil lewat Pendalaman Alkitab) ampe sekarang tengah mendalami firman Tuhan lewat Kelompok Kecil, aku benar-benar menghindari dan menentang (walaupun ga secara frontal) yang namanya hubungan beda agama walaupun cuman sekedar pacaran, karena aku akhirnya tahu itu salah. Beda emang indah, tapi untuk beda dalam hal yang ini, sama sekali ga ada indah-indahnya. Dan sekarang, aku hampir ngerusak prinsip yang uda aku bentuk di diriku selama di sinii . Yah, ini emang resiko kuliah di tempat yang benar-benar heterogen dari suku ampe agama (dari aku TK ampe SMA, aku sekolah di sekolah Protestan dan Katolik). Tapi, hey, yang lain tu berhasil melewati itu. Masa kan aku... arkkkhhh. Puji Tuhan, aku masih bisa 'mengontrol', perasaanku ke salah satu dari mereka itu. Itu juga ga dalem2 amat. Yah, ada beberapa hal yang aku kagumi dari mereka dan semoga aku suka mereka KARENA HAL-HAL YANG KUKAGUMI ITU.
Ketiga, aku masih suka seenaknya ama orangtuaku. Masih suka ngelawan, ngebandel kalau dibilangin. Masih kurang hormat ama mereka, padahal sebagai anak, aku harusnya menghormati mereka, bukan nyuruh-nyuruh mereka atau bahkan nyuekin mereka. ini juga fatal.
Well, I am scared I will continue to be a worse person...
tapi ENGGAK! ga satupun hal sebenarnya boleh ditakutin, selain Tuhan tentunya.
First thing, aku benar-benar minta maaf, Tuhan... layakkanlah aku untuk terus, tetap menjadi umatmu...
aku bakal berusaha untuk lebih disiplin lagi dalam menjalankan komitmenku dengan Tuhan ,ga bakal sembarang menyukai seseorang yang jelas-jelas beda keyakinan, dan bakal sepenuhnya hormat ama orangtua.
Walaupun secara fisik aku ga sekuat Simson, tapi aku bakal berusaha untuk lebih kuat dari Simson dalam hal pertahanan diri.

Well, I know they are not easy to do... But I will keep trying, praying, asking Him for the ability to do them.
I will try to follow Him, do everything for the sake of Him.
Nothing is impossible as long as God is with me.
Amien.


PS : masih ada kelanjutan cerita Simson sebenarnya. Well, I try to make it here for you though I can not promise you. ^^

No comments:

Post a Comment